Selasa, 23 Oktober 2012

Tugas Kelompok Rainbow Cake


Unsur-unsur pendidikan
Analisis hubungan pendidik dan materi/isi pendidikan di SD, SMP, SMA dan PERGURUAN TINGGI


Pendidik diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran perserta didik. Pendidik mempunyai peran penting dalam mendidik peserta didiknya dan pendidik harus mempunyai sifat wibawa, bijaksana, bertanggung jawab, dan mempunya kasih sayang.
Materi/isi pendidikan dalam sistem pendidikan persekolahan, materi telah diramu dalam kurikulum yang akan disajikan sebagai sarana pencapaian tujuan. Materi ini bersifat nasioanal yang mengandung misi pengendalian dan persatuan bangsa.

Hubungan pendidik dan materi pendidikan di tingkat sekolah dasar
Pendidik di sekolah dasar biasanya disebut dengan guru. Guru inilah yang akan mengajarkan peserta didik.
Materi pendidikan atau isi pendidikan di sekolah dasar ini masih mempelajari yang dasar-dasar, seperti menghitung, membaca, menulis dan keterampilan dasar lainnya. Karena di bangku sekolah dasar inilah landasan untuk materi pembelajaran selanjutnya agar mereka tidak kesulitan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Materi pendidikan tingkat SD memuat 8 mata pelajaran yaitu agama, bahasa indonesia, ppkn, matematika, ips terpadu, ipa terpadu, olahraga ditambah dengan muatan lokal dan pengembangan diri. Pendidik masih harus memberikan nasehat kepada peserta didik dan memberi tahu mana yang baik dan mana yang buruk karena mereka masih membutuhkan perhatian dari guru.


Hubungan pendidik dan meteri pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Di tingkat SMP ini pendidik masih disebut juga dengan guru. Namun, materi pendidikannya berbeda dengan materi pendidikan tingkat sekolah dasar. Materi pendidikan di SMP substansi pembelajaran dalam satu jenjang selama 3 tahun. Materi pendidikan SMP memuat 10 mata pelajaran yaitu agama, pkn, matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, ips, ipa, seni budaya, olahraga dan tik ditambah mulok dan pengembangan diri. Ditingkat ini guru masih memberikan nasehat kepada peserta didiknya karena mereka akan menuju keremajaan dan mereka harus di jauhkan dari pergaulan yang tidak baik.

Hubungan pendidik dan materi pendidikan di tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA)
Tingkat SMA pendidik ( guru ) masih berperan penting dalam proses pengajaran karena mereka para peserta didik masih harus mendapatkan ilmu dari gurunya. Materi pendidikan tingkat SMA terdiri dari 16 mata pelajaran. Namun, pada pembagian jurusan masing-masing mata pelajaran akan terpisahkan karena jurusan IPA berbeda dengan IPS ditambah dengan mulok dan pengembangan diri. Masing-masing terdiri dari 13 mata pelajaran baik jurusan IPA, IPS, BAHASA ataupun AGAMA.

Hubungan pendidik dan materi pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi
Pendidik di perguruan tinggi inilah yang berbeda dari pendidik SD, SMP, dan SMA karena pendidik perguruan tinggi disebut dengan dosen dan peserta didik yaitu mahasiswa. Disini dosen tidak lagi mengajarkan mahasiswa seperti bagaimana guru di waktu SMA mengajar, di perguruan tinggi dosen hanya memberikan penjelasan bukan mengajarkan sesuatu. Materi pendidikan perguruan tinggi ini lebih cenderung kepada persiapan diri menghadapi lika-liku kehidupan. Di perguruan tinggi ini materi pendidikannya lebih kepada pendalaman materi-materi yang sudah di pelajari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages